Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah makanan dan minuman yang baik bagi otak


Otak salah satu organ tubuh yg berperan penting ketika kita berpikir dan menerima sesuatu misal bau,dll,sudah berbagai cara dilakukan agar dapat meningkatkan peforma otak salah satu nya melatih otak kanan dan kiri,namun saya disini memberikan tips termudah agar otak kalian dapat bekerja dengan optimal

Nah dan ng pake lama saya akan berikan makanan dan minuman yg dapat mengoptimalkan kinerja otak mu

Sayuran

Kubis, bayam, dan kangkung, adalah sayuran hijau yang sangat baik bagi pertumbuhan otak anak dan orang dewasa. Sayuran ini banyak mengandung vitami B6, Bl2, dan asam folat. fungsinya adalah memperkuat daya ingat dan memproses informasi yang telah dipelajari sebelumnya dgn cepat. Vitamin ini dibutuhkan otak untuk mencegah demensia yg sering disebut jg penyakit lupa dan Alzheimer. Sayuran hijau juga kaya zat besi yang sgt dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan

banyak memakan ikan maka kalian akan mendapatkan omega 3. dan ternyata memakan ikan secara teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer. Konsumsi omega 3 juga membuat suplai oksigen melimpah ke otak. Otak dapat menerima informasi baru sekaligus memproses ingatan lama. ikan2 di indonesia yg banyak menganding omega 3 adalah ikan tuna, tongkol, tenggiri, layang, ikan kembung dan ikan lemuru. Ikan salmon dan ikan haring juga sangat baik, namun sudah sulit menemukannya

Coklat



coklat merupakan salah satu makanan yg lezat dan sungguh nikmat,tidak hanya lezat tetapi juga mengandung banyak nutrisi bagi otak. Antioksidan utama dalam cokelat adalah flavonols. Zat ini berperan penting untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam cokelat jauh lebih kuat dibandingkan yang lainnya.

Telur

semakin tua manusia otak manusia lebih beresiko mengecil. Hal ini disebut juga brain atrophy (kerusakan sel-sel otak). Konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi proses alami ini karena telur mengandung vitamin B12 dan lesitin.

Vitamin B12 membantu melawan efek pengecilan otak yang lazim dialami para penderita Alzheimer. Kuning telur yang  mengandung kolin berperan membangun sel otak dan meningkatkan kemampuan mengingat.telur baik dikomsumsi setiap hari loh

Kacang

Kacang-kacangan dan bij bijian, seperti kacang tanah, kacang mete, kacang kenari, dan biji bunga matahari, kaya akan omega 3 dan 6, asam folat, vitamin E dan vitamin B6 yang membantu otak berpikir lebih cepat dan jernih. Omega 3 dan juga bisa menjadi anti depresan alami agar kita mampu berpikir lebih positif.

Beberapa jenis kacang dan biji-bijian juga banyak mengandung vitamin (Vitamin Bl) dan magnesium yang bagus untuk daya ingat dan fungsi kogniti otak.

Teh Hijau

Teh hijau atau teh hitam sangat baik untuk otak karena mengandung catechin, yaitu antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

Kelelahan dan otak malas berpikir, mungkin terjadi karena kita kekurangan asupan catechin untuk otak. Catechin membuat otak tetap tajam, segar, dan berfungsi maksimal Zat ini juga mampu membuat tubuh dan pikiran terasa rileks dan mengurangi kelelahan mental.

Khasiat teh hijau lebih baik dibandingkan teh hitam, tetapi keduanya tetap sama baik bila dikonsumsi.

Buah Beri

Buah beri mengandung banyak antioksidan yang membantu menjaga kesehatan otak. Keluarga buah beri, seperti blueberries, sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik dan belajar. Kandungan fisetin dan flavonoid (antioksidan) yang ada pada buah beri membantu meningkatkan kemampuan ingatan.

Mengkonsumsi buah beri secara rutin dapat mengatasi atau mengurangi efek penurunan fungsi otak.

Apel
Buah apel, yang dikenal banyak manfaat, ternyata memberi dampak yg baik bagi otak. Zat quercetin yang terkandung dalam buah apel ternyata bisa membantu melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan otak ini jika tidak dicegah bisa menyebabkan risiko terkena penyakit Alzheimer.

oleh karna itu sah-sah saja kalau kita komsumsi setiap hari. Selain baik untuk otak, apel juga dikenal kaya akan antioksidan yang baik untuk pertahanan tubuh. Menurut penelitian oleh lembaga Agriculture and Agri-Food dari Kanada, Apel merah memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dibanding warna lain yang lebih pucat.

Jeruk
Kaya akan vitamin C, jeruk terkenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Vitamin C yang tinggi tentu menjadi pelindung yang baik untuk tubuh dari berbagai penyakit. Namun kandungan flavonoids dalam jeruklah yang bermanfaat untuk otak. Sebagai antioksidan, flavonoids bisa melawan efek buruk radikal bebas yang membahayakan otak.

Baik dalam bentuk jus maupun dalam bentuk buah segar, manfaat yang terdapat dalam jeruk bisa dinikmati tubuh. Satu gelas jus jeruk atau satu buah jeruk segar, merupakan makanan yang tepat untuk memulai hari dengan semangat.

Delima

Buah delima (atau yang kini populer dengan sebutan buah pome) juga bisa jadi salah satu pilihan. Buah ini lebih populer dinikmati dalam bentuk jus karena tekstur buahnya yang memiliki banyak biji kecil. Menurut ahli kesehatan David Perlmutter, MD yang merilis buku berjudul ‘The Better Brain Book’, bagian tubuh paling sensitif terhadap serangan radikal bebas adalah otak.

Delima mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan serangan radikal bebas. Namun perlu diperhatikan jika memilih meminum jus yang sudah jadi. Pelajari komposisi bahan dan jumlah kalori dalam satu gelas jus tersebut. Umumnya jus tersebut telah dicampur dengan gula serta bahan lain yang membuat rasanya lebih nikmat. Karena itu pastikan berapa gelas yang bisa Anda minum agar tak melebihi  kebutuhan kalori harian.

Avokad
Avokad memang tergolong buah berlemak. Namun konsumsi dalam jumlah yang tepat bisa membantu Anda melancarkan aliran darah. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam avokad bisa membantu melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar tentunya bisa membantu membuat otak lebih sehat.

Manfaat lain avokad adalah membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang sehat tentunya juga baik untuk peningkatakan kualitas otak. Tetapi batasi konsumsi Anda dalam satu hari. Karena mengandung kalori yang tinggi, cukup nikmati 1/4 sampai 1/2 buah avokad dalam sehari. Sebisa mungkin tanpa tambahan kalori dari gula atau susu.

Nah semoga bermanfaat
sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

-saya akan berusaha untuk selalu merespon pertanyaan anda
-diharapkan memakai kata baku jika berkomentar
-ingat berkomentarlah yang bermutu , revelan , dan tidak promosi dan spam