Diberdayakan oleh Blogger.

Alasan Mengapa Memilih BlackBerry Z10 atau iPhone 5



Semakin banyak produsen mobile phone yang berusaha untuk menjatuhkan keangkuhan Apple dengan iPhone-nya, salah satunya adalah BlackBerry. Setelah berganti nama dari RIM (Research In Motion) menjadi BlackBerry dalam upayanya mengembalikan kejayaannya di dunia smartphone, awal tahun ini meluncurkan sebuah inovasi yang cukup besar dengan sistem operasi terbarunya: BB 10 OS melalui Blackberry Z10 yang menjadi produk andalan mereka. Sementara itu Apple juga tidak tinggal diam, setelah dikepung oleh produk-produk Android terutama Samsung dengan Galaxy series-nya, akhir tahun lalu Apple meluncurkan seri iPhone terbaru: iPhone 5.


Kedua produk ini sama-sama mengusung teknologi layar sentuh, BB Z10 dengan layar 4.2 inci, sedangkan iPhone 5 menggunakan layar 4.0 inci. Sedikit keuntungan karena layar BB Z10 lebih luas daripada layar iPhone. Namun hal ini mempengaruhi pula faktor berat dari gadget, BB Z10 dengan berat 137.5 g, lebih berat dari iPhone 5 yang hanya 112 g. Resolusi layar yang dimiliki BB Z10, 768 x 1280 pixels juga lebih baik daripada iPhone 5, 640 x 1136 pixels. Dari dimensi dan berat, BB Z10 memiliki keuntungan karena memiliki layar lebih lebar yang memungkinkan penggunanya melakukan explorasi lebih luas terhadap gadgetnya, namun iPhone 5 memiliki keunggulan karena lebih ringan dan lebih leluasa untuk dibawa oleh penggunanya.

Baterai dari BB Z10 dapat dilepas, seperti seri BB terdahulu. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengganti baterai apabila terjadi kerusakan ataupun penurunan performa dari baterai, sesuatu yang mana tidak dapat dilakukan oleh iPhone 5 karena baterai tidak dapat di-remove dari gadget, seperti juga seri iPhone terdahulu. Keunggulan lain dari BB Z10 adalah memori. Meskipun hanya memiliki internal memori sebesar 16 GB, namun BlackBerry mengijinkan penggunanya untuk menambah external memori hingga 64 GB. iPhone sendiri tidak memungkinkan penggunanya menambah external memori, sehingga calon pembeli harus memutuskan terlebih dahulu akan membeli iPhone dengan memori 16 GB, 32 GB, atau 64 GB.

Yang paling penting dalam membandingkan BB Z10 dengan iPhone 5 adalah sistem operasinya. BlackBerry dengan mengusung BB 10 OS, dan Apple dengan iOS 6. BlackBerry merombak habis sistem operasi yang selama ini menjadi ciri khas mereka dan mengembangkan seri 10 yang jauh berbeda dengan seri-seri pendahulunya. Namun sepertinya ketangguhan dari BB 10 OS masih belum cukup untuk menandingi matangnya iOS dari Apple. Seperti pendahulu-pendahulunya, iOS hampir tidak pernah mengecewakan para penggunanya, dari segi design dan juga user experience hampir selalu mendapatkan sambutan positif dari pengguna. Begitupun dengan iOS 6 yang diusung oleh iPhone 5. Dari sisi sistem operasi, tampaknya iPhone 5 masih lebih unggul daripada BB Z10, ditambah lagi iPhone 5 masih diberi kesempatan untuk meng-upgrade sistem operasinya ke iOS 7 yang pada saat ini baru dirilis versi BETA-nya.

Spesifikasi lainnya sepertinya cukup seimbang, processor BB Z10 yang menggunakan Quallcom S4 Plus Dual Core 1.5 GHz masih seimbang dengan iPhone 5 yang menggunakan Apple A6 Dual Core 1.3 GHz. Demikian juga dengan camera yang sama-sama memiliki kapasitas 8 MP.

Satu hal terakhir yang tidak dapat dilupakan adalah pengalaman pengguna. Dalam hal ini iPhone 5 masih jauh meninggalkan BB Z10, dari segi kecepatan, akses, dan kemudahan menggunakan gadget. Juga dari segi kelengkapan dan ke-eksklusif-an dari aplikasi yang tersedia, App Store jauh melebihi BB World.

Kembali ke pasar pengguna di Indonesia saat ini, yang masih mempertimbangkan masalah harga BlackBerry Z10 dengan iPhone 5 dalam skala prioritas pertimbangan memilih gadget, BB Z10 tampaknya masih akan memiliki banyak pengguna, mengingat kesuksesan Blackberry selama ini di pasar Indonesia. Namun iPhone saat ini juga mulai melejit dari segi jumlah pengguna, dikarenakan perubahan mindset dari qwerty keypad ke layar sentuh, di mana Apple memiliki keunggulan dibanding pesaingnya. Saat ini mungkin pengguna BB Z10 masih sedikit lebih banyak daripada pengguna iPhone 5, namun dalam 2 atau 3 tahun ke depan, apabila Blackberry tidak memperbaiki kelemahan-kelemahan mereka, bukan tidak mungkin iPhone akan merebut pasar Indonesia bersaing dengan Android di posisi teratas. Let’s see!

Jika Anda suka dengan artikel ini, silakan di klik suka (like) atau berikan komentar Anda di kotak komentar yang tersedia. Saya ucapan terima kasih atas kunjungan, kritik atau sarannya.

Penulis: Nina Lia (http://ninokikira.wordpress.com/)

5 komentar:

infosaja.com mengatakan...

Kalau saya lebih suka ke produk tetangganya mas yakni nokia.

Jaja Ery Irianto mengatakan...

Wah..bikin ngiler Hpnya
kapan yaa bisa beli BB Z10..?

Muamar Rizky mengatakan...

:'( tetep setia pke nokia .. *_* massssssssssssssssssssssssssssssssssssssss









tah ._.

Muhammad Aldi Haryojudanto mengatakan...

tetep suka pake Android
komen balik : http://vhee-zone.blogspot.com/

walidin_wall mengatakan...

Kalau ane lebih suka android bos, buat ngeblog dan game lebih mantap

Poskan Komentar

-saya akan berusaha untuk selalu merespon pertanyaan anda
-diharapkan memakai kata baku jika berkomentar
-ingat berkomentarlah yang bermutu , revelan , dan tidak promosi dan spam